Pembelian Game Di Steam Indonesia, Mulai Juli Akan Dikenakan Pajak

Pembelian Game Di Steam Indonesia, Mulai Juli Akan Dikenakan Pajak – Pajak merupakan sebuah iuran rakyat kepada negara. Iuran ini umumnya digunakan untuk membiayai pegawai negara dan lebih dari satu layanan masyarakat, entah berupa benda, jasa, maupun layanan umum. Pajak umumnya dibayarkan sesuai ketetapan yang berlaku, baik berasal dari impor barang maupun yang lain berupa barang fisik. Namun, Indonesia sepertinya udah mantapkan diri untuk beri pajak tambahan untuk produk digital.

Seperti yang udah kita ketahui, pemerintah memiliki rencana untuk beri tambahan pajak sebesar 10% untuk produk digital. Mulai berasal dari streaming musik, film, aplikasi, sampai video game digital. Peraturan ini diatur dalam PMK Nomor 48/PMK.03/2020 dan dapat di mulai tanggal 1 Juli 2020 di semua Indonesia.

Pembelian Game Di Steam Indonesia, Mulai Juli Akan Dikenakan Pajak

Pembelian Game Di Steam Indonesia, Mulai Juli Akan Dikenakan Pajak

Meski aturan ini udah diaplikasikan pada lebih dari satu produk digital sebut saja Google. Namun toko digital seperti Steam belum beri tambahan regulasi tersebut. Membuat para gamer sanggup belanja game di Steam tanpa dikenakan pajak sama sekali. Sayangnya, sepertinya kamu senang tak senang mesti mematuhinya sementara tanggal 1 Juli nanti.

Hal ini dikonfirmasikan melalui situs partner resmi Steam yang beri tambahan aturan perihal pajak yang ditambahkan. Terhitung pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang, Steam regional Indonesia dapat berlakukan tambahan pajak 10% untuk semua game digitalnya.

Penambahan pajak 10% ini secara otomatis dapat sebabkan game yang pada awalnya punya nilai 800 ribu jadi lebih kurang 880 ribu rupiah. Berbeda bersama umumnya negara lain yang terasa tambahkan pajak sejak th. 2015, Indonesia sendiri baru dapat tambahkan pajak pada tanggal 1 Juli 2020 nanti sejalan bersama Arab Saudi bersama pajak sebesar 15%.

READ  Sony Pastikan Hadirkan Lebih Banyak Game First-Party di PC

Sementara Jerman yang masuk dalam daftar yang sama bersama Indonesia dan Arab Saudi dapat berlakukan pajak sebesar 19% untuk semua game mereka di Steam terasa th. 2021 mendatang.

Sebelumnya, aturan ini dinilai memadai memberatkan bagi lebih dari satu pihak. Namun udah mestinya setiap negara memberlakukan pajak produk digital selanjutnya demi pengembangan negara jadi lebih baik.